Khadimul Ma’had Pesankan Kepada Para Santri Dan Asatidz Untuk Senantiasa Percaya Diri


AMC - Apel pembukaan semester genap tahun ajaran 2023/2024 berlangsung khidmat. Para santri fokus mengikuti kegiatan yang diadakan secara sederhana di masjid Baitul Makmur pondok pesantren Asshiddiqiyah Jakarta pada Minggu pagi (14/01).

Pada kesempatan tersebut, KH. Mahrus Iskandar selaku khadimul ma’had pondok pesantren Ashhiddiqiyah Jakarta memberikan beberapa pesan penting untuk para santri dan asatidz agar lebih semangat dan percaya diri lagi dalam melakukan suatu kebaikan.

Menukil dari ayat Al-Qur’an yakni surat Ibrahim ayat 24 yang artinya: “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) tinggi.” Gus Mahrus menjelaskan bahwasannya jika ditafsirkan lebih luas, yang dimaksud dengan akar yang kuat yakni sesorang yang memiliki agama yang kuat, ilmu yang kuat, semangat yang kuat, keimanan yang kuat, percaya diri yang kuat, di mana hal tersebut akan membawanya menuju kesuksesan yang menjulang tinggi suatu saat nanti.

Kepercayaan diri yang dimaksud bukan untuk kesombongan dan keegoisan. Namun, kepercayaan diri di sini diartikan sebagai bentuk daripada keyakinan seseorang terhadap dirinya sendiri, keyakinan terhadap ilmu yang ia peroleh, keyakinan terhadap kekuatan ibadah dan do’a yang selama ini ia lakukan. Dan yang terpenting yakni keyaknan terhadap pertolongan Allah SWT.

I’timad an-Nafsi Asas an-Najjah, bahwa percaya diri adalah dasar dari kesuksasan. Ingat! Percaya diri bukan egois, bukan sombong, bukan rakus, bukan merasa dirinya paling hebat. Tapi percaya diri adalah percaya akan ilmu yang Allah berikan, percaya akan ibadah yang ia lakukan, percaya akan iman kepada Allah, percaya akan tekad yang kuat didasari dengan iman yang kuat. Insyaallah ini menjadi dasar kesuksasan santri Asshiddiqiyah yang akan datang,” Seru Khadimul Ma’had.

Tidak hanya menyampaikan pentingnya kepercayaan diri untuk para santri, Gus Mahrus juga meminta beberapa santri dan asatidz untuk maju ke depan guna menceritakan pengalaman mereka selama liburan akhir semester. Hal ini dilakukan untuk melatih public speaking dan melihat tingkat rasa percaya diri santri dan asatidz ketika tampil di depan umum. Karena seperti yang kita tahu, kepercayaan diri itu sangat penting sebagai bekal kesuksesan di masa depan.





Share on Google Plus

About Asshiddiqiyah Media Center

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.

0 komentar :