Kembali ke Pesantren, Santri Mulai dengan Semangat Baru


AMC - Semester genap tahun ajaran baru 2020 Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Pusat Jakarta resmi dibuka dengan apel serentak, Senin pagi (06/01). Khadimul Ma'had, KH. Ahmad Mahrus Iskandar, mengucapkan syukur yang besar dalam menyambut kembalinya para santri ke pesantren. Beliau ungkapkan bahwa itulah bentuk kasih sayang Allah swt, maka santri pun harus yakin akan kekuatan dan semangat baru guna mencari ilmu di pesantren. 

"Gunakan kesempatan baik ini, untuk semangat menata niat dan keinginan, mari bersama di tahun baru 2020 ini, semangat baru, menebar kebaikan yang baru," pesan beliau pada sekalian santri dalam amanatnya. 

Beliau juga membacakan QS. Al Hajj ayat 77

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ 

Wahai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.

Semua kebaikan jika diimbangi dengan ibadah yg baik, niscaya akan menimbulkan manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Dengan ayat tersebut, Khadimul Ma'had memecut semangat santri di awal semester genap ini walau tidak sedikit santri yang rumahnya turut terendam banjir.

"Teruslah menebarkan kebaikan dan kembangkan terus agar memberi manfaat untuk orang lain. Tidak ada yang tidak mungkin jika memang sudah benar diniatkan pada Allah swt," ujarnya semangat.

Selanjutnya, pengumpulan tugas karya tulis liburan berbahasa Arab atau Inggris yang dikontrol oleh beliau, juga tulisan santri terbaik akan dibukukan dan diterbitkan untuk disebarkan pada kolega-kolega Asshiddiqiyah. 

Sedikit mengulas kegiatan sebulan lalu, Creativity Day 2019 sukses diadakan dengan munculnya karya-karya yang cukup fantastis. Meski masih saja ada catatan kecil, baik dari segi presentasinya yang kurang menguasai, maupun sebab grogi. 

Di akhir amanatnya, Khadimul Ma'had mengajak para santri agar selalu berdo'a supaya Allah swt memberikan kesehatan lahir batin menjauhkan marabahaya, bencana dan musibah, semoga Allah swt memudahkan segala kesulitan, agar kita semua selalu dijaga Allah swt dan tak lupa berpesan agar selalu menjaga kesehatan pada seluruh santri. Sebelum meninggalkan apel, Khadimul Ma'had memimpin doa belajar bersama para santri sebagai permulaan agar hasilnya baik kelak. Apel lalu ditutup dengan pengumuman juara Creativity Day. (Lyda)


Share on Google Plus

About Asshiddiqiyah Media Center

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.

0 komentar :