Yuk, Berbagi di Bulan Ramadhan


AMC - Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan. Segala yang kita perbuat tentunya akan mendapat balasan yang setimpal dan berlipat ganda dibulan ini. Allah SWT yang Maha Pemurah akan memberikan rahmat dan ampunan untuk hambanya yang beriman.

Salah satu cara untuk mendapatkan itu semua yaitu dengan bersedekah. Sebagaimana dalam Islam, bersedekah itu bernilai pahala bagi setiap insan yang melakukan. Kita sering mendengar bahwa ‘tangan di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi/sedekah sedangkan tangan yang dibawah yaitu orang yang meminta-minta.

Nah, di bulan Ramadhan ini besedekah menjadi salah satu perbuatan yang dianjurkan. Allah SWT berfirman:

 إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).

Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam Tafsir Al-Wajiz menjelaskan mengenai ayat di atas, “Kemudian Allah mengulang pujian kepada orang-orang yang membenarkan jalan Allah dan Allah janjikan dengan ganjaran berlipat, dan Allah jadikan pembenaran mereka yang seolah-olah mereka meminjamkan pinjaman kepada Allah, maka Allah berikan balasan di sisi-Nya. Allah berkata : Ketahuilah wahai manusia bahwa mereka yang membenarkan baik laki-laki maupun perempuan dengan harta-harta mereka, yang mereka telah infakkan di jalan Allah demi mencari wajah Allah; Berlipat-lipat ganjaran bagi mereka atas infak mereka, dan mereka memiliki balasan lebih dari infak mereka dengan balasan yang baik yaitu surga.


Bersedekah disini bukan dalam artian harus berupa uang, tapi boleh dengan hidangan untuk orang yang berbuka. Dengan sedekah juga dapat mempererat tali persaudaraan sesama muslim dan memperpanjang umur. Apalagi para santri yang dalam kesehariannya tinggal bersama di dalam pesantren, tentu momen berbagi menu berbuka puasa adalah hal yang sangat baik dilakukan.

Tidak hanya itu, sedekah dan sholat jika dilakukan beriringan akan  dapat menghapus dosa dan menjauhkan kita dari api neraka. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:
"Sedekah dan shalat seseorang di tengah malam dapat menghapuskan dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR. At-Tirmidzi).

Nah, sudahkah kita berbagi hari ini?

(Mila - dikutip dari berbagai sumber)


Share on Google Plus

About Asshiddiqiyah Media Center

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.