Ada di Tingkatan Mana Puasa Kita?



AMC - Sebagaimana kita ketahui bahwasanya di Bulan Ramadhan Umat Islam yang mukallaf diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, hal ini berdasarkan firman Allah Swt surat al-Baqarah ayat 183:
يَأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُون
"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaiama telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian supaya kalian bertaqwa."

Tingkatan puasa
Menjalankan puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, tetapi puasa benar-benar melatih diri kita secara zahir maupun batin, secara dhahir kita dilatih untuk menahan lapar dan haus begitupula Syahwat dan secara batin kita dilatih untuk bersabar, menahan diri dari hawa nafsu, pandangan, penglihatan, pendengaran dan seluaruh anggota kita untuk tidak digunakan terhadap sesuatu yang tidak diridai Allah swt. Hati kita harus bersih dari penyakit-penyakit hati supaya mencapai kepada tujuan utama dalam berpuasa yaitu menjadi orang yang bertaqwa. Oleh karena itu maka para ulama membagi puasa kepada tiga tingkatan, yaitu:

  1. Puasa umum/’am (puasa orang awam)Puasa umum (awam) adalah puasanya orang yang hanya bisa menahan lapar, haus dan farji dari keinginan syahwat'. ini adalah tingkatan puasa yang paling rendah karena orang yang berada pada tahap ini belum bisa menjauhi perbuatan maksiat, dalam arti masih melaksanakan perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt.
  1. Puasa khusus/khash (istimewa)Puasa khusu adalah puasanya orang yang bukan hanya menahan lapar dan haus saja, akan tetapi ia mampu menahan penglihatan, pendengaran, lisan, tangan, kaki, dan anggota badan lainya dari perbuatan dosa. ini adalah tingkatan yang sedang karena bukan hanya menjaga dari sesuatu yang membatalkan puasa, akan tetapi ia juga mampu menahan dirinya dari perbuatan dosa.
  1. Puasa khususnya khusus/khawash al-khash (paling Istimewa)Puasa khususnya khusus adalah puasanya orang sudah tidak peduli dari sesuatu yang bersiafat dunia bahakan ia selalu memalingkan hati dan keingina-keinginanya dari dunia dan segala sesuatu selain Allah dan yang ia harapkan hanya rida Allah swt
إعلم أن الصوم ثلاث درجات صوم العموم وصوم الخصوص وصوم خصوص الخصوص:
وأما صوم العموم فهو كف البطن والفرج عن قضاء الشهوة كما سبق تفصيله، وأما صوم الخصوص فهو كف السمع والبصر واللسان واليد والرجل وسائر الجوارح عن الآثام، وأما صوم خصوص الخصوص فصوم القلب عن الهضم الدنية والأفكار الدنيوية وكفه عما سوى الله عز وجل بالكلية

Artinya: “Ketauhilah bahwa puasa ada tiga tingkatan: Puasa Umum, Puasa Khusus, dan Puasa paling Khusus. Puasa Umum adalah menahan perut dan kemaluan dari menunaikan syahwat, adapun Puasa Khusus adalah menahan pendengaran,penglihatan, lisan, tangan, kaki dan seluruh anggota badan dari perbuatan-perbuatan dosa dan Puasa sangat Khusus adalah berpuasanya hati dari keinginan yang rendah dan pikiran-pikiran duniawi serta menahan diri daritujuan selain Allah Swt secara totalitas.” (Imam Abu Hamid al-Ghazali, Ihya’ Ulumiddin, 1/234)

Hal ini selaras dengan pendapat Imam Ahmad bin Hijazi al-Fasyani dalam kitab Kasyifatussaja syarah Safinatunnaja karangan Imam Nawawi al-Bantani hal 45 dan juga pendapat Sayid Husein Al-Affani dalam kitab Nidaurrayan fi Fiqhi al-Shaumi wa Fadhli Ramadlan jilid 1 halaman 373.

Keutamaan-keutaman Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan memiliki banyak sekali keutaman-keutamaan yang tidak ada di bulan selain Ramadhan, diantara keutamaanya adalah:
  1. Ramadhan adalah bulan diturunkanya al-Qur'an dan kitab-kitab samai’
Sayid Husein Al-Affani menjelaskan di dalam kitabnya Nidaurrayan fi Fiqhi al-Shaum wa Fadhli Ramadlan jilid 1 halaman 183 karangan bahwasanya:
عن واثلة بن الاسقع عن رسول الله ص أنزلت صحف أبراهيم أؤت تيتة من رمضان وأنزلت التورات لست مضت من رمضان, وأنزل الأنجيل لثلاث عشرة مضت من رمضان، وأنزل الزبور لثمان عشر خلت من رمضان، وأنزل القرأن لأربع وعشرين خلت من رمضان. حسن رواه الطبران (في الكبير) عن واثلة، وأحمد في مسنده
Di jelaskan di dalam Al-Qur'an surat al-baqarah ayat 185:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

  1. Di Bulan Ramadhan ada malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu Lailatul Qodar.

Sebagaimana di dalam al-Qur'an surat al-Qadr ayat 1-5
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ(١) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)
Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).
  1. Dilipatgandakanya pahala oleh Allah swt

  1. Bulan dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka
Dijelaskan di dalam kitab Shahih Bukhari juz 3 halaman 32:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ – وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ – عَنْ أَبِى سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّار وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِين 
Artinya: “Apabila datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan yang jahat dibelenggu.” (HR. Bukhori).
  1. Diijabahnya doa oleh Allah swt

Demikianlah Ramadlan, bulan yang sangat istimewa, diberkahi dan penuh pengampunan. Bulan Ramadlan adalah bulannya umat Nabi Muhammad Saw, karena pada bulan itu seluruh Umat Islam diwajibkan untuk menjalankan Puasa selama sebulan penuh. Sepuluh hari pertama adalah rahmat (kasih sayang allah), pertengahanya adalah pengampunan allah dan sepuluh hari terakhir adalah pembebasan dari api neraka. Di bulan tersebut juga terdapat hari diturunkannya al-Qur'an dan  malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar.
            Dinamakan Ramadlan karena bulan tersebut adalah bulan pembakaran dosa karena arti dari Ramadlan tersendiri adalah panas, yang mana pada bulan tersebut hati itu menerima panasnya mau'izhah-mauizhah. Ada juga yang mengatakan bahwa dinamakan Ramadlan karena biasanya bulan tersebut terjadi di musim panas. Sebagaimana di jelaskan di dalam kitab Hasyiyah Al-Bujairimy 'Ala al-Khatib 12/43:

وَرَمَضانَ لِرَمَضِ الذُّنُوبِ فِيهِ ، لِأَنَّهُ يُرْمِضُ الذُّنُوبَ أَيْ يُحْرِقُهَا ، وَقِيلَ : لِأَنَّ الْقُلُوبَ تُؤْخَذُ فِيهِ مِنْ حَرَارَةِ الْمَوْعِظَةِ ، وَقِيلَ : سُمِّيَ رَمَضَانَ لِأَنَّهُمْ لَمَّا نَقَلُوا أَسْمَاءَ الشُّهُورِ عَنْ اللُّغَةِ الْقَدِيمَةِ سَمَّوْهَا بِالْأَزْمِنَةِ الَّتِي وَقَعَتْ فِيهَا فَوَافَقَ زَمَنَ الْحَرِّ وَالرَّمَضِ
Artinya: “Dinamakan Ramadlan karena bulan itu untuk pembakaran dosa, dikatakan juga karena di bulan itu hati menerima panasnya mauidzah, dikatakan juga karena masyarakat dahulu menamai bulan itu dengan bahasa terdahulu, mereka menamakan bulan dengan musim yang bertepatan pada bulan tersebut dan Ramadhan bertepatan dengan musim panas.”

Begitupula dijelaskan di dalam kitab Al-Hawi al-Kabir jilid 3 hal 854
وَقَدْ رَوَى أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ {صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ} قَالَ : إِنَّمَا سُمِّيَ رَمَضَانُ : لِأَنَّهُ يَرْمِضُ الذُّنُوبَ أَيْ : يَحْرِقُهَا وَيَذْهَبُ بِهَا
 ( الحاوى الكبير ـ الماوردى:  3/ 854)
            Anas bin malik bercerita bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Dinamakan Ramdhan karena membakar dosa dalam arti membakar sekaligus melenyapkan dosa”

Dari penjelasan di atas dapat diambil hikmahnya bahwa di bulan yang suci ini mari perbanyak ibadah kita dan teruslah berusaha memperbaiki diri kita, puasa kita supaya benar-benar mendapatkan nilai di hadapan Allah Swt dan tentunya memberikan dampak positif terhadap kehidupan kita kedepannya. Covid-19 bukan halangan untuk kita agar selalu berusaha meningkatkan kualitas puasa kita. Wallahu A’lam

Referensi:
Syekh Sulaiman Al-Bujairimy, Hasyiyah Al-Bujairimy 'Ala Al-Khatib
Al-Mawardi , Al-Hawi Al-Kabir
Imam Abu Hamid Al-Ghazali, Ihya’ Ulumiddin
Syekh Nawawi al-Bantan, Kasyifatussaja syarah Safinatunnaja,
Sayid Husein Al-Affani, Nidaurrayan fi Fiqhi al-Shaum wa Fadhli Ramadlan

Oleh    : Mohamad Anwar
Edit     : Lail
Foto     : Google



Share on Google Plus

About Asshiddiqiyah Media Center

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.

0 komentar :