Menyalurkan Hewan Qurban Kepada yang Berhak



AMC - Bulan Dzulhijjah di depan mata. Seluruh umat muslim akan merayakan Idul Adha identik dengan berkurban, termasuk di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta. Agenda penyembelihan hewan kurban dilaksanakan untuk merayakan ‘lebaran haji’ tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2019 M/ 10 Dzulhijjah 1440 H. Perayaan Idul Adha Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Pusat Jakarta diisi dengan berbagai agenda.

Jelang Idul Adha, Asshiddiqiyah Pusat akan mengadakan acara manasik haji dengan peserta para santri, lomba takbir, puasa Tarwiyah, puasa Arafah dan takbiran. Kemudian shalat 'Id pada tanggal 10 Dzulhijjah di Masjid Baitul Makmur Ponpes Asshiddiqiyah, berlanjut dengan penyembelihan hewan kurban, pemotongan dan distribusi daging. Esok harinya akan dilaksanakan acara Lomba Nyate Bareng dengan mengundang beberapa tamu istimewa seperti beberapa duta besar luar negeri dan tokoh terkenal. Di sini, kita dapat melihat kreatifitas para santri dalam mengolah dan menyajikan makanan.

Ditemui di sela-sela kegiatan persiapan Idul Qurban, ketua panitia, Muhamad Abror memberikan informasi terkait acara kurban yang akan dilaksanakan. Menurut penuturannya salah satu tujuan diadakan acara kurban ini untuk mengarahkan para dermawan supaya hewan kurban dapat terdistribusi tepat sasaran. Selain itu, pada acara Nyate Bareng memiliki tujuan supaya tali persaudaraan pondok pesantren baik skala nasional maupun internasional terjalin semakin baik.

Melihat data hewan kurban tahun-tahun kemarin (Tahun 2017 : 58 kambing & 7 sapi, tahun 2018 : 50 kambing & 4 sapi), ketua panitia optimis agar penyaluran hewan kurban tahun ini lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, Abror menambahkan, “Meskipun tidak semudah yang dibayangkan, tapi kesulitan ini kami sikapi sebagai tantangan, sehingga dapat bermanfaat bagi kami sebagai panitia maupun masyarakat sekitar khususnya Jakarta. Dalam kepanitiaan kurban juga kami mempelajari sekaligus mempraktikan manajemen organisasi dan banyak hal baru yang kami dapatkan.” (Iis)

Penyaluran daging kurban pada masyarakat sekitar tahun 2018 M/1439 H.

____________

Kontak Panitia Penyaluran Hewan Kurban:

Ust. Amiruddin 081901552027 Muhammad Abror 087724790484
Share on Google Plus

About Asshiddiqiyah Media Center

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.

0 komentar :