Jangan Sampai Kehabisan Paket Lengkap Ramadhan


AMC - Telah kita ketahui, di bulan yang  penuh berkah ini segala perbuatan ibadah atau kebaikan yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Untuk itu, setiap umat muslim tidak hanya berpuasa saja, tetapi didukung juga dengan menjalankan ibadah dan kebaikan lainnya.

Nah, bagi yang ingin meraih banyak pahala, sebaiknya jangan sia-siakan bulan suci Ramadhan ini dengan melakukan serangkaian ibadah. Sekarang sudah hari ke-15, jangan sampai kita kehabisan 'Paket Lengkap Ramadhan'.

Apa sajakah itu?

1. Sholat lima waktu di awal waktun dan shalat sunnah

Sholat lima waktu merupakan ibadah yang wajib dijalankan, sebab sholat menjadi tiang agama umat Islam. Bila kesehariannya saja bagi umat islam yang menjalankan sholat lima di awal waktu mendapatkan pahala, maka bila ini dilakukan juga selama bulan puasa, pahala yang didapat bisa berlipat-lipat ganda. Selain itu, setelah sholat fardlu maupun sunnah agar menutupnya dengan dzikir dan doa agar ibadah semakin maksimal.


2. Makan Sahur
Terkadang waktu sahur disepelekan bagi kebanyakan orang, padahal dengan sahur  akan mendapat keberkahan ketika kita melaksanakan puasa di bulan Ramadhan ini, walaupun hanya dengan seteguk air namun diniatkan untuk sahur.  Rasulullah Saw bersabda:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

"Sahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu ada keberkahan.” (HR. Bukhori dan Muslim).

3. Menyegerakan waktu berbuka ketika sudah waktunya berbuka
Sabda Rasulullah Saw:

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ  (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ).

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).

Dan dari hadits tersebut kita ketahui bahwa menyegerakan berbuka setelah waktunya tiba itu adalah suatu kebaikan dan dianjurkan. Tapi jangan offside, ya, alias mendahului waktu maghrib.

4. Tadarus Al-Qur'an
Di bulan yang suci ini, tadarus Al-Qur'an merupakan ibadah yang paling populer. Jika rutin melakukan tadarus Al-Qur'an, kita tidak hanya akan memperkuat keimanan  tetapi juga akan merasakan manfaatnya. Lebih utama lagi jika tadarus al-Qur'an ini dapat istiqomah hingga akhir, tidak hanya ketika awal-awal Ramadhan saja. Jangan lupa! Fastabiqul khairat! Sudah khatam  al-Qur'an berapa kali di hari ke-15 ini? 

Semoga di bulan ini, kita semua mendapat keberkahan dan ampunan dari Allah SWT serta mendapat pahala sesuai yang kita perbuat. (Mila/L/dari berbagai sumber)
Share on Google Plus

About Asshiddiqiyah Media Center

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.