Keutamaan Akhlak Terpuji dalam Keseharian Santri


AMC - Akhlak selalu melengkapi sendi kehidupan sehari-hari. Akhlak merupakan naluri di dalam jiwa tentang keutamaan yang harus dilakukan setiap manusia dengan cara mengikutinya sehingga dalam jiwa terdapat kebaikan.

Adapun pembagian akhlak itu ada 2 macam yaitu: akhlaqul karimah dan akhlaqul madzmumah. Macam-macam akhlaqul karimah di antaranya sebagai berikut: al amanah (sifat jujur dan dapat dipercaya), al alifah (sifat yang disenangi), al ‘afwu (sifat pemaaf), al khairu (kebaikan atau berbuat baik). Macam-macam akhlaqul madzmumah di antaranya sebagai berikut: al ananiyah (sifat egoistis), al baghyu (suka obral diri terhadap lawan jenis), al bukhlu (sifat kikir).
Di dalam akhlak pun terdapat aspek yang memengaruhi sebuah akhlak yaitu tingkah laku manusia, insting dan naluri, pola dasar bawahan, nafsu, adat dan kebiasaan, lingkungan, kehendak dan takdir. Keimanan seseorang dalam perjalanan hidup manusia dapat bertambah atau berkurang disebabkan oleh pengaruh yang datang dari dalam maupun luar, yaitu berupa pengaruh hidup yang dialami. Sesungguhnya martabat manusia ditentukan oleh perbuatannya dan perbuatannya ditentukan oleh kehendak hati, ikhtiar dan pilihan hidup yang dijatuhkan.
Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati posisi yang sangat penting, sebab jatuh atau tidaknya ‘bangunan’ suatu masyarakat itu tergantung pada akhlak. Apabila akhlak seseorang itu baik maka sejahteralah lahir dan batinnya. Namun, apabila akhlak seseorang itu buruk, maka rusaklah lahir dan batinnya. Itulah alasan mengapa para santri dididik untuk berakhlakul karimah di pesantren. Akhlak yang baik tersebut tidak hanya ditujukan kepada orang tua, guru atau orang yang lebih tua, namun juga kepada teman sebaya .

Disarikan dari artikel Pentingnya Akhlak dalam Kehidupan, Oktavia Isnawati, www.mahadalyjakarta.com
(Mila)
______________

Info Pendaftaran santri baru :
Ustdzh. Faizatul Islamiyah : 085781237226
Ustdzh Robithoh : 081310855949


Follow Us :
Instagram : Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta
Twitter :@asshiddiqiyah01
Fanspage : Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta
You Tube : Asshiddiqiyah Official
Share on Google Plus

About Asshiddiqiyah Media Center

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.