Orang Munafik Selalu Menyetujui Setiap Golongan





قال الإمام الحسن البصري رحمه الله:
"إِنَّ الْمُؤْمِنَ: تَلَقَّاهُ الزَّمَانَ بَعْدَ الزَّمَانِ بِأَمْرٍ وَاحِدٍ، وَوَجْهٍ وَاحِدٍ، وَنَصِيْحَةٍ وَاحِدَةٍ. وَإِنَّ الْمُنَافِقَ: تَلَقَّاهُ مُتَلَوِّنًا يُشَاكِلُ كُلَّ قَوْمٍ وَيَسْعَى مَعَ كُلِّ رِيْحٍ" انتهى.

Al-imam al-hasan al-bashri -rahimahullah- telah berkata:
"Sesungguhnya seorang mukmin (sejati) akan engkau jumpai dari waktu ke waktu dalam satu pendirian, satu wajah dan satu nasehat. Dan sesungguhnya orang munafik akan engkau jumpai berganti-ganti, selalu menyetujui setiap golongan dan selalu mengikuti arah angin".

Referensi:
- Al-Mujalasah wa Jawahiru Al-ilmi, jilid: V/ hal: 120, karya Abu Bakar Al-Dinawari Al-maliki (w: 333 H), cet: Dar Ibnu Hazm, Beirut, Lebanon 1419 H.

Penjelasan:
Seorang mukmin sejati akan selalu konsisten dengan prinsip yang dipegangnya, tidak mendua atau berstandar ganda, dan selalu dalam satu nasehat dalam setiap waktu.

Sedangkan seorang munafik, akan selalu berubah sesuai kondisi yang menguntungkan dan mengikuti arah angin. Di manapun ada keuntungan, maka di situlah ia menjatuhkan pilihan dan dukungan.

😊 [Asshiddiqiyah Media Center] 😊
Oleh : Ust. Hasan Basri Hayy, Lc
Share on Google Plus

About Rumadie El-Borneo

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.