Menilik Makam Bung Hatta di Pusat Ibu Kota

Taman Makam Proklamator Bung Hatta terletak di TPU Tanah Kusir Bintaro Raya Dengan Alamat JL. Bintaro Raya No. 1 Komplek Makam Proklamator RI Muhammad Hatta Jakarta Selatan. Untuk berkunjung ke Makam Bung Hatta ini cukup mudah karena posisi yang sangat strategis. Dapat dilalui dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Untuk Memasuki Makam Proklamator Bung Hatta ini tak perlu mengeluarkan biaya, makam ini dibuka untuk umum dan gratis. Taman Makam Bung Hatta didirikan di atas tanah seluas 2 Ha dan di resmikan pada tanggal 12 Agustus 1982 oleh mantan presiden Indonesia ke-2 yaitu Bapak Soeharto. Makam Bung Hatta sengaja dibangun terpisah dari makam yang lain di sekitarnya dengan gaya bangunan khas Sumatra Barat  untuk memberikan arti tersendiri bagi penggerak kemerdekaan Indonesia.Aura perjuangan dapat dirasakan sejak awal memasuki pintu  gerbang taman tersebut. Lukisan bung Hatta bersama istri tercintanya menghiasi ruang tamu di sebelah kanan gerbang yang kemudian disambut dengan hamparan marmer luas menuju pintu masuk Makam Proklamator tersebut.  Bangunan rumah kaca berlantai marmer melindungi makam dari terik mata hari dan hujan. Di luar makam dikelililngi taman yang indah dan pemandangan yang memanjakan mata setiap mata peziarah yang datang.
Setiap hari pengunjung datang ke makam tersbut, terlebih ketika akhir pekan dan hari libur. “Setiap hari ada saja yang datang ke sini, bahkan sampai tengah malam” ujar Syahrul, juru kunci makam Bung Hatta beberapa waktu lalu. 






Share on Google Plus

About Rumadie El-Borneo

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.

0 komentar :