FADHILAH BULAN RAJAB


AIC(JKT)

 Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam penanggalan Hijriyah. Pada bulan ini, kita dianjurkan untuk banyak mengumandangkan shalawat kepada Rasulullah SAW. karena pada bulan ini tepatnya tanggal 27 Rajab Rasulullah menerima perintah sholat dari Allah Masjid Al Aqsha lalu ke Sidratul Muntaha.

Pada bulan ini kita juga disunnahkan untuk berpuasa terutama dibagian awal bulan.Telah dijelaskan oleh Syeikh Zainuddin bin Abdul Aziz  Al Malibary dalam Kitab Fatkhul Mu’in: Bulan-bulan yang utama untuk berpuasa setelah bulan Ramadhan diantaranya adalah bulan Muharram, Rajab, Dzul Hijjah, Dzul Qa’idah, Sya’ban.
Menurut Asy Syaukani dalam Kitab Nailul Authar dalam bahasan puasa sunnah, ungkapan Rasulullah, “Bulan Sya’ban merupakan bulan antara Rajab dan Ramadhan yang dilupakan banyak orang” ini berarti didalam bulan Rajab juga disunnahkan puasa.
Al Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin menyatakan bahwa kesunnahan berpuasa menjadi lebih kuat jika dilaksanakan dihari-hari yang utama (al ayyam al fadhilah) dan telah jelas bahwa Rajab termasuk dalam al asyhurul hurum (bulan-bulan yang dimulyakan).


Diriwayatkan dari Mujibah Al Bahiliyah, Rasulullah SAW bersabda, “Puasalah pada bulan-bulan haram (mulia)” (riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad). Imam Nawawi mengatakan bahwa tidak ada hadits shahih yang menerangkan hukum berpuasa pada bulan Rajab namun telah jelas bahwa beliau menyukai ibadah yang dilakukan pada bulan-bulan mulia dan Rajab termasuk kedalamnya.




Keutamaan pada bulan Rajab dan keistimewaan puasa didalamnya diantaranya:
1. Orang yang memuliakan Rajab maka Allah akan memuliakannya dihari kiamat dengan   seribu kemuliaan.
2. Kemuliaan Rajab seperti kemulian Al Quran dari kalam lainnya.
3. Sehari berpuasa pada bulan Rajab seperti puasa empat puluh tahun dan diberi minum     air dari surga
4. Bulan dimana Allah memberikan ampunan pada orang-orang yang bertaubat dan dosa   yang telah lalu serta terlepas dari kehausan diakhirat.
5. Berpuasa diawal, tengah dan akhir bulan Rajab seperti puasa sebulan penuh
6. Orang yang berpuasa pada tanggal 27 Rajab seperti lima tahun berpuasa
7. Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulan Rasulullahdan Ramadhan adalah          bulan umat Islam
8. Didalamnya terjadi peristiwa Isra’ wal Mi’raj
9. Sehari berpuasa akan mendapatkan pahala surga firdaus.
10. Tiga hari berpuasa akan dibangunkan parit panjang yang menghalanginya keneraka
11. Tujuh hari berpuasa akan ditutupkan tujuh pintu neraka
12. 16 hari berpuasa akan dapat melihat wajah Allah dan menjadi orang yang pertama        kali      menziarahi Allah disurga.

Nah, begitu banyak kemuliaan pada bulan ini. Mari kita perbanyak amal kita dengan lebih rajin mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Share on Google Plus

About Restara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :