Mengapa Pesantren


Jiwa seorang remaja identik dengan keingintahuan. Mereka selalu penasaran pada hal-hal yang dianggapnya menarik. Hal ini dikarenakan oleh perkembangan jiwa mereka dari tahap anak-anak menuju masa dewasa.

Rasulullah juga menyatakan bahwa masa yang paling sempurna adalah remaja. Fase ini menjadi titik penting pembentukan kepribadian seseorang ketika dewasa kelak. Masa dimana seluruh organ tubuh berfungsi secara maksimal ini tentu sebaiknya dioperasikan pada hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pola pikir remaja yang kreatif akan sangat baik jika diarahkan pada peningkatan kualitas spiritual, pendidikan dan pengembangan diri.

Ilmu-ilmu yang ada pada lembaga pendidikan maupun lingkungan masyarakat sangatlah beragam. Ilmu-ilmu tersebut sangat berguna bagi kehidupan remaja yang sedang merasakan warna-warni dunia. 

Oleh karena itu pengawasan orang tua terhadap penyerapan ilmu tersebut sangatlah dibutuhkan. Karena bagaimana pun, jiwa remaja yang labil kadang kala tidak menyadari ada mencampurkan hal negatif dalam penerapan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dari segala kebaikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang, yang paling baik adalah hal-hal yang mendekatkan diri kita pada Sang Maha Mengetahui akan segala sesuatu. 

Pesantren menjadi wadah yang baik perkembangan jiwa inovatif seorang remaja. Spiritual, akhlak, akademik, life skill dan ilmu sosial lainnya dapat diserap oleh remaja ketika menjalani proses di pesantren.
Salam Ayo Mondok! Pesantrenku keren ya Asshiddiqiyah.
Share on Google Plus

About Rumadie El-Borneo

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan pada Bulan Rabiul Awal 1406 H ( Bulan Juli 1985 M ) oleh DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah senantiasa eksis dan tetap pada komitmennya sebagai benteng perjuangan syiar Islam. Kini dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka 12 Pesantren yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatra.

0 komentar :