Mengapa Pesantren


Jiwa seorang remaja identik dengan keingintahuan. Mereka selalu penasaran pada hal-hal yang dianggapnya menarik. Hal ini dikarenakan oleh perkembangan jiwa mereka dari tahap anak-anak menuju masa dewasa.

Rasulullah juga menyatakan bahwa masa yang paling sempurna adalah remaja. Fase ini menjadi titik penting pembentukan kepribadian seseorang ketika dewasa kelak. Masa dimana seluruh organ tubuh berfungsi secara maksimal ini tentu sebaiknya dioperasikan pada hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pola pikir remaja yang kreatif akan sangat baik jika diarahkan pada peningkatan kualitas spiritual, pendidikan dan pengembangan diri.

Ilmu-ilmu yang ada pada lembaga pendidikan maupun lingkungan masyarakat sangatlah beragam. Ilmu-ilmu tersebut sangat berguna bagi kehidupan remaja yang sedang merasakan warna-warni dunia. 

Oleh karena itu pengawasan orang tua terhadap penyerapan ilmu tersebut sangatlah dibutuhkan. Karena bagaimana pun, jiwa remaja yang labil kadang kala tidak menyadari ada mencampurkan hal negatif dalam penerapan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dari segala kebaikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang, yang paling baik adalah hal-hal yang mendekatkan diri kita pada Sang Maha Mengetahui akan segala sesuatu. 

Pesantren menjadi wadah yang baik perkembangan jiwa inovatif seorang remaja. Spiritual, akhlak, akademik, life skill dan ilmu sosial lainnya dapat diserap oleh remaja ketika menjalani proses di pesantren.
Salam Ayo Mondok! Pesantrenku keren ya Asshiddiqiyah.
Share on Google Plus

About Restara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.