Orang Munafik Selalu Menyetujui Setiap Golongan





قال الإمام الحسن البصري رحمه الله:
"إِنَّ الْمُؤْمِنَ: تَلَقَّاهُ الزَّمَانَ بَعْدَ الزَّمَانِ بِأَمْرٍ وَاحِدٍ، وَوَجْهٍ وَاحِدٍ، وَنَصِيْحَةٍ وَاحِدَةٍ. وَإِنَّ الْمُنَافِقَ: تَلَقَّاهُ مُتَلَوِّنًا يُشَاكِلُ كُلَّ قَوْمٍ وَيَسْعَى مَعَ كُلِّ رِيْحٍ" انتهى.

Al-imam al-hasan al-bashri -rahimahullah- telah berkata:
"Sesungguhnya seorang mukmin (sejati) akan engkau jumpai dari waktu ke waktu dalam satu pendirian, satu wajah dan satu nasehat. Dan sesungguhnya orang munafik akan engkau jumpai berganti-ganti, selalu menyetujui setiap golongan dan selalu mengikuti arah angin".

Referensi:
- Al-Mujalasah wa Jawahiru Al-ilmi, jilid: V/ hal: 120, karya Abu Bakar Al-Dinawari Al-maliki (w: 333 H), cet: Dar Ibnu Hazm, Beirut, Lebanon 1419 H.

Penjelasan:
Seorang mukmin sejati akan selalu konsisten dengan prinsip yang dipegangnya, tidak mendua atau berstandar ganda, dan selalu dalam satu nasehat dalam setiap waktu.

Sedangkan seorang munafik, akan selalu berubah sesuai kondisi yang menguntungkan dan mengikuti arah angin. Di manapun ada keuntungan, maka di situlah ia menjatuhkan pilihan dan dukungan.

😊 [Asshiddiqiyah Media Center] 😊
Oleh : Ust. Hasan Basri Hayy, Lc
Share on Google Plus

About Restara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.